Stop Motion Animation


STOP MOTION
 Animasi Stop Motion adalah teknik aimasi menggunakan fotografi yang pengambilan gambarnya
frame by frame untuk membuat objek statis menjadi tampak bergerak.

Sejarah Singkat Animasi Stop Motion

Pada tahun 1960an dan 1970an, animator tanah liat independen Eliot Noyes Jr., memperhalus teknik free-form animasi tanah liat dengan filmnya yang dinominasi Oscar, Clay (or The Origin of Species).

Selanjutnya di tahun 1975, animator tanah liat dan pembuat film Will Vinton bergabung dengan pengukir Bob Gardiner untuk membuat film eksperimental berjudul Closed Mondays yang menjadi film stop motion pertama di dunia untuk memenangkan Oscar. Ia juga melanjutkan dengan membuat dokumenter mengenai style yang ia sebut claymation. Setelah dokumenter ini, term claymation dinyatakan oleh Vinton sebagai penamaan karya-karyanya agar berbeda dari tim-timnya yang pernah dan akan mulai melakukan claymation.

Beperapa Jenis Stop Motion
1. Clay (Clay Animation)
Animasi clay atau claymation adalah salah satu dari banyak bentuk animasi stop motion. Setiap bagian animasi, baik karakter atau latar belakang, adalah "bisa diubah bentuknya"-biasanya terbuat dari bahan lunak, biasanya Plasticine clay
2. Cutout (cutout Animation)
merupakan sebuah teknik yang unik dalam membuat animasi menggunakan objek dan karakter datar dari bahan atau material seperti kertas, kartu, kain keras atau bahkan hasil cetakan foto.
3. Animasi Pasir (Sand Animation)
Merupakan teknik animasi stop motion yang menggunakan pasir dan permukaan datar untuk
membuat gambar untuk dianimasikan.
4. Hand Draw Animation
Merupakan teknik animasi stop motion menggunakan gambar manual setahap demi setahap

Cara kerja Animasi Stop Motion
Cara kerja stopmotion yaitu mengharuskan animator mengubah scene secara fisik, memfoto satu per-
satu frame, mengubah scene lagi dan memfoto satu frame lagi, dan seterusnya. Kita bisa memproses sequence atau rangkaian urutan gambar menggunakan software computer untuk membuatnya menjadi sebuah animasi.

Langkah Membuat Animasi Stop Motion

1. Konseptualisasi
Merupakan proses pencetusan ide utama dan panduan untuk membuat animasi .

2. Scripting
Menulis konsep yang sudah dipikirkan dalam bentuk naratif, deskriptif atau sinopsis. Juga bisa dianggap sebagai storyboard yang berbentuk tulisan/ text.

3. Storyboard
Merupakan komponen penting dalam animasi. Storyboard merupakan visualisasi rencana dari seluruh proyek yang akan dikerjakan yang berisi Shots dan Angle yang diperlukan untuk mempermudah seluruh proses pengerjaan.

4. Set-up
Menyiapkan elemen dan material yang diperlukan mulai dari Background, Objek, Kamera, Tripod, Pencahayaan.
a. Background, bisa menggunakan apapun sesuai dengan tema dan teknik yang akan dikerjakan. Apakah kita menggunakan teknik clay animation atau cut out animation. 
b. Objek, menyiapkan objek atau karakter yang akan dipergunakan. Bisa berupa plastisin untuk animasi clay, pasir untuk sand animation, kertas-kertas untuk cut out animation dan lain sebagainya sesuai dengan teknik dan tema.
c. Kamera, tripod dan pencahayaan, merupakan peralatan standard dalam membuat animasi stop motion.

5. Produksi/ Pemotretan
Merupakan proses di mana kita melakukan segala pemotretan, setting karakter dan background untuk menghasilkan frame-frame animasi.

6. Editing & Mixing Audio
Proses pasca produksi di mana kita memasukan hasil frame-frame foto hasil produksi ke software pengolah gambar sequence untuk dijadikan movie dan memasukan suara dan efek suara.





Source :  http://www.idseducation.com/articles/sejarah-singkat-animasi-stop-motion/
               Buku teknik animasi 2D-XI-1

Komentar

Postingan populer dari blog ini

12 Prinsip Animasi

Sejarah Toon Boom Studio + Tutorial

Animasi Tradisional